BILANGAN BULAT

A. Bilangan

Dalam materi bilangan akan membahas tentang bilangan dan lambang bulat. Bilangan adalah suatu angka yang menunjukan nilai dari sebuah bilangan, contohnya bilangan negatif, bilangan positif, bilangan ganjil, bilangan genap, bilangan prima dan sebagainya.

  1. Pengertian bilangan bulat  :

Bilangan bulat adalah bilangan yang masih utuh yang terdiri dari bilangan nol, bilangan positif dan bilangan negatif. Bilangan bulat biasanya dilambangkan dengan huruf B ( bilangan bulat ). Bilangan bulat biasa digambarkan sebagai garis bilangan, semakin ke kanan letak bilangan maka nilainya akan semakin besar sedangkan semakin ke kiri nilai suatu bilangan akan semakin kecil karena bertanda negatif.

Bilangan bulat adalah bilangan yang merupakan gabungan dari bilangan positif ((1,2,3,4,…), nol dan bilangan negative (-1.-2.-3,-4,…)

Bilangan bulat di notasikan dengan ;  B = {….,-2,-1,0,1,2,…..}

2. Besaran sehari – hari yang menggunakan bilangan bulat negative

Pada waktu lebaran, kita sering mendengar istilah H min 7 (H-7) yang artinya 7 hari sebelum lebaran. H + 7 artinya 7 hari setelah lebaran. Apa artinya H-5, H+3, H – 6, H ???? tanda negative pada bilangan -5,-4,-3,-2,-1 diartikan sebelum dan tanda positif +5,+4,+3+2+1 diartikan setelah.

3. Letak bilangan bulat pada garis bilangan

Kalian tentu masih ingat, bagaimanakah cara bilangan asli disajikan dalam garis bilangan, coba kalian gambarkan. Dapatkah kalian tentukan dimana letak bilangan 8 pada garis bilangan ???

Pada garis bilangan, bilangan bulat dapat disjikan sebagai berikut.

  1. Dengan garis bilangan vertical
  2. Dengan garis bilangan horizontal

Pada garis bilangan diatas, bilangan 1,2,3,… disebut bilangan bulat positif, sedangkan bilangan -1,-2,-3,….disebut bilangan bulat negative

4. Hubungan lebih dari atau kurang dari antara dua bilangan bulat

Perhatikan gambar 1.4 dan 1.5. dari garis bilangan tersebut diperoleh bahwa makin ke kanan atau ke atas bilangannya makin besar. Sebaliknya makin ke kiri atau ke bawah bilangannya makin kecil. Oleh karena itu bilangan yang berada di sebelah kiri atau bawah kurang dari bilangan di sebelah kanan atau kanan atau atas . demikian pula sebaliknya. Kurang dari lambangnya “<” dan lebih dari lambangnya “>”

Contoh      :

Pada garis bilangan horizontal, bilangan -2 terletak di sebelah kiri bilangan 5 ditulis

-2 < 5 atau 5 > -2 sedangkan -2 terletak dikanan -4 ditulis -2 > -4 atau -4 < -2. Kedua situasi diatas dapat di tulis -4 < -2 < 5 atau 5 > -2 > -4.